Kamis, 07 Juni 2012

Tips menjadi seorang trader yang baik………………



Menjadi Seorang Trader Profesional

Apa saja yang menjadi faktor penting dalam menjadi seorang trader profesional ?
1. Pembelajaran yang berkualitas,
2. Pembinaan dan pelatihan untuk meningkatkan motivasi.
Sedangkan 3 faktor pendukung lainnya yaitu:
1. Pembelajaran yang berkualitas
Seperti yang telah saya uraikan bahwa untuk menjadi seorang profesional, kita harus bersikap kritis dan fleksibel. Kemampuan untuk bersikap kritis dan fleksibel seorang trader sangat dipengaruhi oleh kualitas pembelajaran dan banyaknya latihan yang telah dilakukannya. Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran implisit membutuhkan ribuan pengalaman yang berkualitas sebelum seseorang menjadi ahli di bidangnya. Sebagian besar trader gagal karena mereka tidak mau berkembang ketika dalam praktek trading muncul masa – masa sulit, yang sebenarnya sangat dibutuhkan oleh alam bawah sadar untuk menjadi umpang balik dan mengasah ketrampilan trader.
2. Pembinaan dan pelatihan untuk meningkatkan motivasi
Adanya tim atau komunitas yang berhubungan dengan trading sangat diperlukan untuk memberi model bagi pemula yang masih “buta”, serta untuk memotivasi trader dalam berfokus pada tujuan sehingga trader dapat mengembangkan rasa percaya diri yang dibutuhkan untuk bertahan dan melewati masa – masa pahit / loss. Oleh karena itu sangat penting bagi trader pemula untuk bergaul dengan trader profesional dan belajar dari mereka. Alangkah baiknya jika sang senior bersedia untuk berbagi pengalaman dengan Anda. Anda bisa mengikuti seminar, milis tertentu, forum, kursus, dan membaca buku – buku bagus. Selain berguru, tentunya Anda harus rajin berlatih menerapkan ilmu yang telah Anda peroleh tersebut, supaya tidak menjadi murid yang penuh ketergantungan.
Semoga apa yang saya bagikan ini dapat menjadi pembelajaran yang berguna bagi rekan trader sekalian, dan sampai jumpa pada artikel berikutnya, “Menjadi Trader Profesiona
Pepatah lama yang selalu diucapkan para trader berbunyi “Trade your plan and plan your trade“. Nah! Makna dari kutipan tersebut sederhana, yakni pertimbangan beberapa hal penting sebelum memulai bisnis. Variabel utama yang harus ditentukan antara lain adalah modal awal dan masa balik modal (Break Even Poin), setelah itu baru biaya – biaya operasional lainnya. Misalnya, anda ingin membuka toko yang menjual tas bermerek Chanel. Karena modal yang dibutuhkan diluar jangkauan, mungkin anda hanya bisa menjual tas Chanel KW 1. Just Kidding, ladies! Dari perumpamaan ini, maka perhatian utama terletak pada jumlah maksimal modal yang diperlukan untuk memulai transaksi. Jika modal anda tidak cukup, maka plan tersebut tidak bisa dijalankan.
Patut diingat, selalu siapkan stop loss sebelum masuk posisi trading. Tidak masalah jika posisi sedang profit dan harga gold sedang mencetak rekor tertinggi baru (boleh saja jika ingin withdraw kecil – kecilan). Namun ketika posisi anda dalam situasi loss, kerugian tersebut perlu dijaga agar tidak membengkak dan mengikis keuntungan yang sudah diraih.
Pada contoh trading plan, Kami telah menentukan support dan resistance untuk pemasangan take profit dan stop loss dan menandakannya dengan garis sesuai dengan gambar



Sedangkan itu seorang trader pada saat melakukan trading online juga harus memperhatikan kondisi fisik dan sikis apabila kondisi fisik kita lemah makan tingkat emosi kita tinggi sehingga kita dapat mengontrol emosi sehingga kita salah tempat dalam pembeliannya  selain itu harus juga dapat membaca grafik .
Semoga dengan adanya blog ini dapat membantu para trader untuk mengatasi masalah anda di saat kesulitan untuk trading SALAM EMAS….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar