Jumat, 22 Juni 2012


OBSERVASI PERPUSTAKAAN 
SMP N 1 MOJOLABAN



KATA PENGANTAR

Puji syukur saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya saya masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing dan teman-teman yang telah memberikan dukungan dalam menyelesaikan makalah ini. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan. Oleh sebab itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman. Amin... 

Penulis

LATAR BELAKANG MASALAH
                                                                                   
              Pendidikan merupakan suatu proses pembentukan kepribadian manusia. Seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia, bangsa Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidak akan bisa maju selama belum memperbaiki kualitas sumber daya manusia bangsa kita. Dalam hal ini SMP N 1 MOJOLABAN memberi fasilitas para siswanya dengan sebuah perpustakaan yang isinya tidak hanya buku-buku pelajaran tapi juga buku-buku non pelajaran yang sifatnya mendukung para siswa untuk mengembangkan bakat-bakat  mereka.

TUJUAN

1.   Menjadikan perpustakaan SMP N 1 MOJOLABAN  semakin maju dalam segi apapun.
2.   Menumbuhkan minat baca para siswa.
3.   Sebagai sumber informasi.

PEMBAHASAN
                                                                                    
Perpustakaan merupakan paru-paru sekolah. Perpustakaan merupakan bagian terpenting dari lembaga pendidikan sebagai tempat kumpulan bahan pustaka. Berkualitas tidaknya murid tergantung perpustakaannya. Sesuai dengan observasi saya di SMP NEGERI 1 MOJOLABAN, yang meliputi struktur organisasi, petugas perpustakaan dan kualifikasinya, fasilitas beserta fungsinya, koleksi, siapa saja yang mengunjungi perpustakaan tersebut,serta denah  perpustakaan tersebut.


Petugas perpustakaan :
Di SMP N 1 MOJOLABAN mempunyai lima orang petugas perpustakaan. Kualifikasi pendidikan mereka bukan dari ilmu perpustakaan. Masing-masing petugas dapat menggunakan internet dengan baik. Petugas Perpustakaan biasanya menggunakan internet untuk kepentingan perpustakaan, seperti mencari buku-buku yang belum ada diperpustakaan SMP N 1 MOJOLABAN yang tentunya mendidik dan menunjang pendidikan dan pengetahuan yang lebih luas tidak hanya untuk siswa tapi juga untuk pengajar di SMP N 1 MOJOLABAN tersebut.
                                                                                       
  Fasilitas perpustakaan :
Di Perpustakaan SMP N 1 MOJOLABAN pengunjung dapat  menikmati fasilitas seperti :
                                       1.    Meja Baca
                                       2.    Rak Buku
                                       3.    Komputer
                                       4.    Fotokopi
                                       5.    Loker
                     
  ► Fungsi fasilitas perpustakaan :
1.   Meja Baca
Berfungsi sebagai tempat membaca bagi pengunjung yang ingin membaca buku ataupun majalah di perpustakaan tersebut.
2.   Rak Buku
Berfungsi sebagai tempat untuk menata buku-buku ataupun majalah yang dimiliki oleh perpustakaan agar terlihat lebih rapi dan tertata. Rak Buku juga  memudahkan pengunjung dalam mencari buku atau majalah yang ingin di baca atau di pinjam.
3.   Fotokopi
Layanan fotokopi disediakan bagi pemustaka yang ingin memfotokopi koleksi yang ada di perpustakaan dengan ketentuan yang berlaku di perpustakaan.
4.   Loker
Layanan loker ini disediakan bagi pemustaka yang ingin menyimpan tas, buku, dan barang-barang lainnya kecuali barang-barang berharga sebelum mereka masuk ke perpustakaan lebih jauh.

Koleksi perpustakaan :
Perpustakaan SMP N 1 MOJOLABAN mempunyai jumlah koleksi  sebanyak 3.777. Dari semua koleksi sebanyak 3.777 tersebut, jenisnya tidak hanya buku-buku pelajaran tapi juga majalah, novel, Koran,dll.
                   
Pengunjung perpustakaan :
Perpustakaan SMP N 1 MOJOLABAN ini tidak hanya dikunjungi oleh siswa saja tapi juga guru-guru maupun karyawan SMP N 1 MOJOLABAN. Rata-rata pengunjung setiap harinya mencapai sekitar 85%. Dan dari 85% pengunjung tersebut 70% diantaranya adalah siswa kelas IX dan sisanya yang 15% adalah siswa kelas VII, kelas VIII dan pengajar ataupu staff. Menurut penuturan Ibu Rohmatun selaku petugas perpustakaan di SMP N 1 MOJOLABAN, kebanyakan pengunjung biasanya meminjam buku pelajaran dan novel.

PENUTUP
           
Secara umum sistem pelayanan perpustakaan di SMP N 1 MOJOLABAN  sudah cukup baik. Untuk lebih memajukan dan mengembangkan perpustakaan tersebut perlu adanya keseimbangan dan kerjasama antara para pengunjung dengan pustakawan dalam memanfaatkan dan menjaga pelayanan yang ada. Sebuah perpustakaan yang ideal menurut saya adalah perpustakaan yang semakin hari semakin berkembang (maju) dalam segi apapun. Misalnya koleksi bahan pustaka, fasilitas, kinerja dan wawasan seorang pustakawan, dan system pelayanan yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan informasi.
Untuk menumbuhkan minat baca para siswa diperlukan sistem pelayanan yang baik yaitu pelayanan yang mampu memberikan kenyamanan terhadap pengunjung. Kenyamanan tersebut yaitu dalam hal memberikan informasi, tersedianya bahan pustaka yang lengkap, ruangan dan fasilitas yang memadai, keamanan yang terkendali, serta profesionalisme dan keramahan para pustakawan.


by Dessy Kusumawardany

Tidak ada komentar:

Posting Komentar