Minggu, 03 Juni 2012

PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN KOLEKSI


Pembinaan dan pengembangan koleksi adalah serangkaian proses atau kegiatan yang bertujuan mempertemukan pemakai dengan rekaman informasi dalam unit informasi yang meliputi berbagai kegiatan antara lain: perumusan kebijakan atau planning, pemilihan atau seleksi, pengadaan evaluasi terhadap tingkat pemanfaatan koleksi yang dimiliki masyarakat , penyiangan atau weeding atau deseleksi. Atau juga dapat diartikan suatu proses kegiatan membangun koleksi perpustakaan secara sistematis untuk kepentingan pendidikan, pengajaran dan rekreasi.
Ruang lingkup kegiatannya meliputi:

1 .        Kebijakan pengembangan koleksi atau planning
Merupakan rumusan yang dituangkan dalam tulisan sebagai alat atau sarana untuk mengarahkan segala aktivitas yang berkaitan dengan perencanaan, pendanaan, pemilihan dan pengadaan bahan pustaka yang menjadi dasar atau petunjuk dalam pengembangan koleksi. Kebijakan pengembangan koleksi tertulis berfungsi sebagai pedoman, sarana komunikasi dan perencanaan dalam pengembangan koleksi.

2      Seleksi
Sebagai cara, tindakan atau proses memilih. Kegiatan untuk mengidentifikasi rekaman informasi yang akan ditambahkan pada koleksi yang sudah ada di perpustakaan.
Prinsip seleksi :
ü  Pandangan tradisional = menentukan koleksi berdasarkan nilai instrinsik (kualitas atau mutu) apabila bahan pustaka tidak bermutu, tidak akan dipilih. Dan ini didasari prinsip bahwa perpustakaan merupakan tempat untuk mencerdaskan masyarakat
ü  Pandangan liberal = berdasarkan popularitas, kualitas tetap diperhatikan, tetapi lebih mengutamakan pemilihan karena banyak yang menyukai dan banyak di baca.
ü  Pandangan pluralistik = mencari keseimbangan dan keselarasan dari dua pandangan di atas.

3      Pengadaan atau aquisition
Proses mengadakan bahan pustaka, baik cetak maupun non cetak, dengan cara pembelian, hadiah, tukar menukar atau dengan cv lain yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

     Stock opname
Stock opname adalah kegiatan penghitungan kembali koleksi yang dimiliki perpustakaan agar diketahui profil koleksi, jajaran katalog yang tersusun rapi serta dapat mencerminkan keadaan koleksi untuk tujuan peningkatan pelayanan kepada pengguna

5     Weeding atau penyiangan atau deseleksi
Upaya mengeluarkan koleksi dari susunan rak karena tidak diminati. Merupakan salah satu bagian penting dalam kegiatan perpustakaan apabila tidak menginginkan koleksinya hanya merupakan tumpukan materi yang pernah diterbitkan. Selain itu weeding juga merupakan upaya mengeluarkan atau menarik kembali bahan pustaka dari rak atau jajaran bahan pustaka karena secara periodik bahan pustaka sudah tidak memiliki nilai guna pengguna perpustakaan.

Posted by Royyan Alfiyanto D1810084

Tidak ada komentar:

Posting Komentar