Layanan Pemakai Perpustakaan
Senin, 28 Mei 2012
Oleh: Palupi
Marasiwi
Definisi Pelayanan Pemakai
Salah
satu kegiatan utama perpustakaan adalah melaksanakan kegiatan pelayanan pemakai
yang berupa layanan bahan pustaka dan menyebarluaskan informasi yang dimiliki
oleh perpustakaan tersebut. Melalui pelayanan perpustakaan tersebut pengguna
akan memperoleh informasi secara optimal serta memanfaatkan berbagai sarana penelusuran
yang tersedia, seperti katalog dan OPAC (Online Public Access Cataloging).
Layanan
pemakai merupakan media penting bagi para pengelola perpustakaan untuk
memberikan kemudahan kepada pemakai dalam memperoleh informasi yang mereka
inginkan dan butuhkan. Layanan yang baik merupakan asset penting dalam dunia
pelayanan perpustakaan. Pelayanan pemakai memiliki konsep bahwa dengan mengerti
dan memenuhi kebutuhan pemakai maka perpustakaan dapat meningkatkan kualitas
layanannya, meningkatkan permintaan layanan dan membangun reputasi yang pada
akhirnya akan membantu membangun kelanggengan pemakai dan merupakan sumbangan
besar bagi penyelenggaraan berbagai program perpustakaan.
Layanan
pemakai merupakan suatu filsafat yang lebih dari sekedar “client-responsiveness” maupu “client-focus”.
Client focus biasanya hanya dikaitkan dengan bimbingan dan layanan
perpustakaan konvensional yang hanya menyediakan bahan pustaka agar dibaca
pemakai perpustakaan. Sementara itu client-responsiveness berarti lebih
memberikan layanan saat diperlukan oleh pemakai. Layanan pemakai seharusnya
member jangkauan yang cukup luas dan mencakup segala sesuatu yang terjadi di
dalam dan sekitar perpustakaan mulai dari cara staff menyambut pemakai yang
datang ke perpustakaan, sampai suasana dan tata ruang bagian depan pelayanan
perpustakaan, sampai cara staff menangani permintaan dan kebutuhan informasi
dan keluhan atas pelayanan yang kurang baik.
Layanan
pemakai juga dapat diartikan memberikan bantuan kepada pemakai guna
meningkatkan kepuasan mereka terhadap pelayanan yang diberikan oleh
perpustakaan. Hal ini didasarkan pada perhatian yang terus menerus terhadap
pemakai dan pada desain layanan. Layanan pemakai juga berarti staff menaruh
perhatian terhadap keputusan dan keinginan pemakai dan pemakai berhak dihormati
oleh staff.
Salah
satu kegiatan utama perpustakaan adalah melaksanakan kegiatan pelayanan pengguna
yang berupa layanan bahan pustaka dan menyebarluaskan informasi yang dimiliki
oleh perpustakaan tersebut. Melalui pelayanan perpustakaan tersebut pengguna
akan memperoleh informasi secara optimal serta memanfaatkan berbagai sarana penelusuran
yang tersedia, seperti katalog dan OPAC (Online Public Access Cataloging).
Tujuan Pelayanan Pemakai
Pelayanan
pemakai merupakan bagian penting dalam suatu perpustakaan. Menurut pendapat
Lasa, H.S ( 1994: 2 ), tujuan pelayanan pengguna adalah:
a. Supaya
mereka mampu memanfaatkan koleksi tersebut semaksimal mungkin.
b. Mudah
diketahui siapa yang meminjam koleksi tertentu, dimana alamatnya serta kapan
koleksi itu harus kembali. Dengan demikian apabila koleksi itu diperlukan
peminat lain, akan segera dapat diketahui alamat peminjam dan dinantikan pada
waktu pengembalian.
c. Terjamin
pengembalian peminjam dalam waktu yang jelas. Dengan demikian keamanan bahan
pustaka akan terjamin.
d. Diperoleh
data kegiatan perpustakaan terutama yang berkaitan dengan pemanfaatan koleksi.
e. Apabila
terjadi pelanggaran akan diketahui.
Dari uraian di atas, dapat
disimpulkan bahwa tujuan pelayanan pemakai adalah untuk memberikan pelayanan
kepada pengguna perpustakaan dalam hal mendayagunakan semua fasilitas yang
tersedia di perpustakaan. Fasilitas yang dimaksud adalah semua koleksi yang
dimiliki perpustakaan dan tenaga kerja dari staf perpustakaan untuk memperoleh
informasi yang dicari.
Fungsi Pelayanan
Pemakai
Dalam buku Pedoman Perguruan Tinggi
Depdikbud (2004: 3), menyatakan bahwa perputakaan adalah sebagai tempat
mengumpulkan, melestarikan, mengolah, menyediakan, pemanfaatan menyebarluaskan
informasi.
Fungsi pelayanan pemakai adalah membantu
pemakai perpustakaan atau pemustaka untuk menemukan informasi atau sumber
informasi yang dibutuhkan oleh pemakai perpustakaan.
Jenis Pelayanan Pemakai
Layanan pemakai perpustakaan dibagi
menjadi dua, meliputi:
1. Jasa
Layanan Inti.
a. Pelayanan
sirkulasi
Layanan ini memberikan kepada pemustaka untuk
meminjam bahan perpustakaan untuk dibawa ke luar perpustakaan. Proses pelayanan
sirkulasi meliputi kegiatan sebagai berikut:
-
Peminjaman
-
Pengembalian
-
Perpanjangan
-
Mencatat pemesanan
-
Penagihan
-
Pemberian sanksi
-
Memberikan keterangan bebas pinjam
b. Layanan
referensi
Pada umumnya pelayanan referansi banyak terdapat
diperpustakaan perpustakaan yang dapat memberikan penjelasan informasi dalam
hal tertentu. Tujuan pelayanan referensi yang di kemukakan oleh Lasa, H.S
(1994: 34) sebagai berikut:
a. Membimbing
pengguna jasa perpustakaan agar dapat memanfaatkan semaksimal mungkin koleksi
yang dimiliki suatu perpustakaan. Mereka diharapkan mampu dalam menggunakan
sumber informasi tersebut.
b. Memilih
sumber rujukan yang lebih tepat untuk menjawab pertanyaan dalam bidang
tertentu.
c. Memberikan
pengarahan kepada pengguna untuk memperluas wawasan mereka dalam suatu topik,
subjek, karena penjelasan suatu masalah diberikan oleh beberapa sumber dengan
gaya yang berbeda.
d. Mendaya
gunakan sumber rujukan semaksimal mungkin dalam pengembangan ilmu pengetahuan.
e. Terciptanya
efisiensi tenaga, biaya, dan waktu .
2. Jasa
Layanan Pelengkap
Layanan ini merupakan
layanan yang diberikan kepada pemakai sebagai pelengkap fungsi perpustakaan
agar pemakai merasa puas dan nyaman dalam memanfaatkan perpustakaan. Layanan
ini meliputi:
a. Informasi
b. Konsultasi
c. Order
taking (permintaan pemakai)
d. Hospitality
(layanan jasa yang berkaitan dengan fasilitas peprustakaan)
e. Care
taking (keamanan)
f. Exeptions
(pujian ataupun complaint yang menyangkut tentang kepuasan pemakai dan
berhubungan dengan kesulitan-kesulitan atau masalah-masalah yang timbul pada
staff perpustakaan.
g. Billing
(laporan/ data keuangan)
h. Pembayaran
(pembayaran yang menyangkut pemakai)
Secara singkat dapat dikatakan bahwa
layanan perpustakaan yang berkualitas merupakan suatu keharusan dalam
memberikan layanan kepada pemustaka/ pengguna perpustakaan. Dengan layanan yang
berkualitas dan memuaskan pemakai, perpustakaan akan dapat meningkatkan
perpsepsi positif terhadap perpustakaan dan menjaga atau meningkatkan daya
pakai perpustakaan.
Salam kenal, artikelnya bagus. Mau tanya, adakah bedanya pelayanan pemakai di perpustakaan Umum dan Khusus? Terima Kasih.
BalasHapus