Sabtu, 19 Mei 2012

ASYIKNYA MEMBACA



Membaca adalah kegiatan atau proses mengetahui informasi atau cerita dengan mengartikan simbol-simbol atau tulisan yang ada pada sebuah benda, entah itu kertas, batu, pada alat elektronik, dll. Sekarang yang menjadi pertanyaan apakah anda suka membaca?. Pastilah anda bisa membaca semua karena sejak kita kecil pasti kita diajarkan untuk membaca. Bagi orang zaman dahulu membaca bukanlah suatu kewajiban jadi banyak orang tua zaman sekarang mungkin ada yang tidak bisa membaca. Kegiatan membaca sendiri sudah di mulai sejak zaman Nabi dahulu dengan diturunkannya ayat Al-Qur’an yang pertama yang berisi agar Nabi Muhammad bisa belajar membaca. Maka sejak itu kegiatan membaca merupakan hal yang penting sebagai ketrampilan dasar dalam hidup ini.

                Untuk zaman sekarang ini pastilah orang-orang sudah bisa membaca dan menulis. Tetapi mereka ada yang suka sekali membaca dan hanya sekedar membaca agar ingin mengetahui informasi yang diperlukan saja. Orang yang gemar membaca pasti akan membaca banyak sekali buku atau tulisan-tulisan yang menurut dia menarik karena dengan membaca secara tidak sadar pengetahuan kita bertambah dan kosa kata bahasa kita juga bertambah. Dan dengan membaca kita akan mendapatkan ilmu tanpa kita harus menghafalkannya seperti saat kita akan menghadapi ujian.

                Untuk orang yang gemar membaca jelas mereka akan membaca tanpa disuruh oleh orang lain karena hal itu telah menjadi naluri mereka. Tetapi untuk orang yang tidak gemar membaca pasti membaca adalah kegiatan yang membosankan, tidak menarik, kurang bersemangat,dll. Dan mereka hanya akan bertambah pusing karena mereka hanya dihadapkan dengan tulisan-tulisan. Itu memang benar saya tidak memungkirinya, karena dahulu saya bukan orang yang gemar membaca. Tetapi setelah  saya melihat bagaimana orang itu bisa sukses dan berhasil salah satu kuncinya adalah membaca dan mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Untuk itu saya mencoba membaca buku, novellah yang pertama saya baca. Ternyata membaca novel lebih menyenangkan dan tidak kalah dengan menonton film. Ekspektasi saya dulu membaca novel itu sangat membosankan karena halamannya banyak dan  hanya berisi tulisan-tulisan jarang ada gambarnya. Tetapi setelah itu ekspektasi saya berubah, ternyata membaca merupakan kegiatan yang mengasyikkan.

                Setelah membaca buku pertama yang saya baca, saya seperti ketagihan layaknya orang merokok yang tidak bisa berhenti merokok atau orang yang kecanduan narkoba. Sejak saat itu saya mulai membaca buku-buku yang lain yang menurut saya itu bagus. Membaca memang kegiatan yang mengasyikkan. Jadi bagi anda yang kurang suka membaca, cobalah membaca buku yang anda sukai terlebih dahulu setelah itu baru buku-buku lain. Karena dengan membaca kita bisa mengekspresikan diri kita dengan berbagai bahasa dan kata-kata. Bisa dikatakan kita sedikit demi sedikit membangun bangsa yang gemar membaca dan cerdas. Karena dengan pengetahuan yang banyak kita bisa memajukan bangsa ini.

posted by Royyan Alfiyanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar